Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024, Cek Daftar Pemenangnya

Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024, Cek Daftar Pemenangnya Kredit Foto: PTPN
WE Bali, Jakarta -

Warta Ekonomi menggelar acara Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024. Agenda ini mengangkat tema Credibility Catalyst to Develop Regional Economy dan digelar, Kamis (7/3/2024) lalu Hotel JS Luwansa.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan (stakeholders) hingga menjadi suatu tantangan yang kompleks, namun dapat diwujudkan dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan.

CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan menilai, pemenang visionary companies akan terus mengedepankan navigasi lingkungan dalam melakukan perencanaan strategis dan kemampuan beradaptasi.

"Selain itu, keberadaan teknologi baru memudahkan perusahaan untuk memudahkan pengembangan otomatisasi yang unggul. Visionary company tidak hanya focus pada profit tapi lebih pada menjawab : mengapa kami harus hadir?

"Sehingga misi kelahirannya di dunia sangat terasa, serta tidak tergantung pada satu sosok satu pemimpin, tapi membangun organisasi yang bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin yang akan melanjutkan eksistensi perusahaan dan kebanyakan mempunyai mimpi yang sangat besar," kata Ihsan saat membuka Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024.

Sementara Direktur Utama PT KAI periode 2009-2014 sekaligus sosok visioner di ranah perkeretaapian Tanah Air, Ignasius Jonan, menyampaikan, setidaknya saat ini perusahaan harus memahami 4 faktor pendukung guna menghasilkan keberhasilan jangka panjang.

Keempat faktor tersebut adalah perusahaan harus bisa melihat apa yang dibutuhkan oleh dunia (what the world need), kemudian keunikan yang dimiliki oleh perusahaan (what you’re company is uniquely good at), kemudian bagaimana perusahaan bisa menghasilkan nilai ekonomi (how you’re company can create economic value).

Terakhir, kata Jonan, adalah orang-orang yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan perusahaan (what people at you’re company are passionate about).

"Saya diajarin keunikan sebuah perusahaan itu apa supaya masih bisa tetap bertahan, kalau enggak ada yang unik pasti habis ya. Selain itu, bagaimana sebuah perusahaan itu bisa menciptakan nilai ekonomis ya tentunya mengikuti perkembangan zaman dari waktu-waktu dan sebagainya nah sejak kira-kira awal tahun 2000 awal, mungkin 15-16 tahun yang lalu itu ada satu komponen lagi yang menjadi konsen besar yaitu adalah what people at you’re company are passionate about.

"Jadi passion ini di zaman sekarang dimana Gen Z mulai masuk, passion ini menjadi sesuatu yg besar, yang utama. Passion ini driver-nya jauh lebih besar dari knowledge, dari education, konsesi, dan lain-lain" ujar Jonan yang juga menjadi Keynote Speaker dalam acara tersebut.

Sehingga menurutnya, 4 elemen pendukung yang sudah disebutkan sebelumnya bisa diimplementasikan oleh perusahaan guna mendongkrak kreativitas yang berujung pada keberhasilan jangka panjang.

Penulis/Editor: Nuranda Indrajaya

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: