Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Satu Anggota Linmas di Jembrana Meninggal H-1 Pencoblosan, Begini Tanggapan KPU Bali

Satu Anggota Linmas di Jembrana Meninggal H-1 Pencoblosan, Begini Tanggapan KPU Bali Kredit Foto: Nuranda Indrajaya
WE Bali, Denpasar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali mendapatkan laporan terdapat 21 anggota penyelenggara  Pemilu yang mengalami musibah selama bertugas.

"Kami menerima data sekitar 20 penyelenggara pemilu dari tingkatan PPK, PPS, sampai KPPS dan juga petugas linmas (perlindungan masyarakat) yang mengalami sakit, kecelakaan.

"Bahkan ada satu orang yang meninggal dunia di Kabupaten Jembrana yaitu petugas linmas selama rentan waktu masa tugas mereka," ujar anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan, Senin (19/2/2024).

John mengatakan, anggota linmas yang diketahui bernama Sa'iun Anam (58) meninggal sehari sebelum hari pencoblosan, Selasa (13/2/2024). Sebelum meninggal, ia sempat pulang ke rumah untuk mandi.

"Setelah selesai pembuatan TPS, yang bersangkutan ijin untuk mandi dan sembahyang, sebelum lanjut untuk berjaga malam di TPS," urai John Darmawan.

"Pada saat di masjid, yang bersangkutan tidak sadarkan diri dan meninggal dunia."

KPU Bali, kata John, telah meminta KPU di kabupaten/kota untuk mendata dan menyusuri terkait jaminan kesehatan yang didapat penyelenggara pemilu.

"Sementara laporan rata-rata sudah terjaminkan oleh BPJS dan juga Ketenagakerjaan. Jadi sekarang teman-teman di SDM di masing-masing kabupaten/kota melakukan proses pendampingan untuk itu," timpalnya.

John Darmawan menambahkan, Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan telah menjenguk dua penyelenggara pemilu yang sakit di Tabanan.

Satu penyelenggara diketahui mengalami gejala demam berdarah.

"Sedangkan satu orang anggota linmas di Desa Bantas TPS 002, terserang stroke pada saat hari pemungutan suara. Itu langsung dilarikan ke UGD dan saat ini sedang rawat jalan di rumah," tambah John.

Penulis/Editor: Nuranda Indrajaya

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terpopuler

Berita Terkini

Lihat semuanya