Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gercep! Petugas Rutan Bangli Amankan Penyelundupan Barang Terlarang Diduga Narkoba

Gercep! Petugas Rutan Bangli Amankan Penyelundupan Barang Terlarang Diduga Narkoba Kredit Foto: Rutan Bangli
WE Bali, Bangli -

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bangli berhasil menggagalkan penyelundupan barang terlarang yang akan dimasukkan ke dalam melalui penitipan barang, Selasa (21/11/2023).

Kepala Rutan Kelas IIB Bangli Dedi Nugroho menceritakan, kronologi terjadi pada pukul 10.30 Wita saat petugas melakukan pengecekan barang titipan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saat melakukan pengecekan barang titipan, petugas menemukan barang mencurigakan di dalam nasi bungkus yang berisikan plaster berwarna merah.

Selanjutnya, petugas langsung mengamankan barang bukti beserta orang yang mengirim barang tersebut. Kemudian Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) melaporkan penemuan barang terlarang kepada Dedi.

Tanpa waktu lama, Dedi kemudian berkoordinasi dengan Kasat Narkoba Polres Bangli.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan satu buah klip bening, tiga buah pil berwarna biru dan satu buah pipet kaca yang diduga merupakan benda terlarang," ujar Dedi.

Dedi melanjutkan, Kasat Narkoba Polres Bangli kemudian mengamankan barang beserta orang yang mengirim paket untuk diproses lebih lanjut.

"Penggagalan upaya penyelundupan barang terlarang ini tak lepas dari ketelitian dan kecermatan petugas penggeledahan yang merupakan komitmen bersama jajaran petugas dalamĀ  pemberantasan dan peredaran gelap narkoba di Rutan Bangli," tambah Dedi.

Terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali I Putu Murdiono mengaku, telah menerima laporan penyelundupan barang terlarang.

"Jadi benar adanya upaya penggagalan benda terlarang oleh salah satu petugas Rutan Bangli," tutur Murdiono.

Murdiono menegaskan, langkah tersebut sesuai dengan amanat Dirjen Pemasyarakatan soalĀ  Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas peredaran narkoba, serta sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait.

"Hal tersebut dilaksanakan dengan baik oleh jajaran Rutan Bangli di dalam pelaksanaan tupoksinya", tandasnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Romi Yudianto mengapresiasi, kinerja jajaran Rutan Bangli yang berhasil menggagalkan penyelundupan barang terlarang masuk ke dalam Rutan.

"Saya akan menindak tegas seluruh ASN di lingkungan Kantor Wilayah dan UPT yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba," ujar Romi.

"Hal ini guna mewujudkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali yang bersih dari narkoba."

Penulis/Editor: Nuranda Indrajaya

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terpopuler

Berita Terkini

Lihat semuanya