Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Disdukcapil-Satpol PP Denpasar Sidak Penumpang di Pelabuhan Benoa

Disdukcapil-Satpol PP Denpasar Sidak Penumpang di Pelabuhan Benoa Kredit Foto: Pemkot Denpasar
WE Bali, Denpasar -

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Satpol PP Kota Denpasar melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) arus balik pasca hari raya.

Pemkot Denpasar yang diwakili dua dinas terkait menyasar pintu masuk Bali tepatnya Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (8/5/2023).

Langkah ini rutin dilakukan karena pasca hari raya, para perantau akan kembali bahkan ada yang membawa sanak saudara.

Oleh karena itu, sidak rutin dilakukan sebagai langkah antisipasi penduduk pendatang (duktang) yang masuk Bali tanpa identitas.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Denpasar Putu Pujiastuti, menerangkan sebanyak 400 penumpang transit di Pelabuhan Bemoa sedangkan yang turun hanya 38 orang.

Dari hasil pantauan, seluruh penumpang lengkap dengan identitas. Selain itu, Satpol PP dan Disdukcapil Kota Denpasar juga mengecek barang bawaan penumpang.

Pujiastuti mengimbau, warga yang akan kembali ke Kota Denpasar selepas mudik selalu membawa identitas diri.

Lebih jauh, Pemkot Denpasar akan melibatkan desa/kelurahan untuk pendataan dan sidak duktang untuk mengantisipasi penduduk "ilegal".

Dan jika ditemukan kasus, Pemkot Denpasar tidak segan melakukan tindakan tegas yang bakal ditangani Satpol PP sebagai penegak Perda.

Adapun hal ini dapat dilaksanakan tindakan seperti halnya mencari penjamin, Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring), bahkan pemulangan kembali.

“Bagi penduduk yang tidak membawa E-KTP harus menghubungi saudaranya agar tujuan mereka jelas di Kota Denpasar," ucapnya dalam keterangan yang diterima Selasa (9/5/2023).

"Jika tidak ada sanak saudara sebagai penjamin, maka Satpol PP akan melaksanakan tindaklanjuti dengan Sidang Tipiring bahkan sampai dipulangkan kembali," pungkas Pujiastuti. 

Penulis/Editor: Nuranda Indrajaya

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terpopuler

Berita Terkini

Lihat semuanya