Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

37 Ribu Wisman Masuk Via Pelabuhan Benoa, Pemprov Bali Disarankan Lakukan Hal Ini

37 Ribu Wisman Masuk Via Pelabuhan Benoa, Pemprov Bali Disarankan Lakukan Hal Ini Kredit Foto: Kemenkumham Bali
WE Bali, Denpasar -

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Kakanwil Kemenkumham Bali) Anggiat Napitupulu memaparkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga April 2023.

Anggiat menerangkan, pihaknya melalui Keimigrasian mencatat ada 1,1 wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Badung.

"Untuk periode yang sama, yang masuk melalui Pelabuhan Benoa dengan kapal pesiar mencapai 37 ribu lebih," katanya dalam rapat evaluasi tata kelola pariwisata di Ruang Praja Sabha Kantor Gubernur Bali, Senin (8/5/2023).

Anggiat mendorong pemerintah daerah untuk menggarap potensi wisman yang masuk dengan kapal pesiar. 

"Ini wisatawan yang kita inginkan, karena durasi pendek dan mereka pasti belanja. Kembangkan dermaga dengan prasarana pendukung seperti toko souvenir," ujar dia.

Disinggung soal maraknya kasus pelanggaran WNA yang belakangan mencuat ke permukaan, Anggiat menilai fenomena tersebut sebagai tantangan global 

"Seperti kita ketahui, situasi ekonomi Eropa tak begitu baik. Sehingga banyak WNA yang kemudian menangkap peluang di Asia Tenggara dan negara kita menjadi tujuan karena rezim visa terbuka, contohnya penerapan VoA," papar Anggiat. 

"Jamak kalau kemudian banyak yang memanfaatkan untuk menemukan peluang usaha. Ini tantangan kita bersama," tambah dia.

Ia menerangkan,persoalan ini perlu disikapi dengan sinergi dan kerja bersama. 

Anggiat menyarankan pemerintah melibatkan pecalang dalam persoalan yang berkaitan dengan WNA. 

"Polisi saja tidak cukup karena mereka juga terbatas secara personel, perlu bantuan dan dukungan dari komponen lainnya," tutur Anggiat.

Penulis/Editor: Nuranda Indrajaya

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terpopuler

Berita Terkini

Lihat semuanya