Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dinkes Kota Denpasar Gandeng PKK untuk Tuntaskan TBC

Dinkes Kota Denpasar Gandeng PKK untuk Tuntaskan TBC Kredit Foto: Pemkot Denpasar.
WE Bali, Bali -

Untuk menuntaskan kasus TBC di Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar akan menggandeng Kader PKK Kota Denpasar. Hal ini terungkap dalam audiensi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda, dengan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wirada di Gedung Wanita Santi Graha, Denpasar, pada Kamis (9/2/2023).

Dokter Gede Dharmayuda mengatakan, program TBC cakupan maih rendah sehingga pihaknya ingin kerja sama dengan seluruh stakeholder, salah satunya PKK.

Baca Juga: Putri Koster: PKK Harus Berpartisipasi Aktif dalam Mewujudkan Visi Pembangunan Bali

“Kami menilai peranan PKK sangat besar sekali di masyarakat. Juga, mereka merupakan organisasi yang paling kuat jaringannya di masyarakat,” ungkap Gede Dharmayuda, mengutip Humas Pemkot Denpasar pada Jumat (10/2/2023).

Sebelum kader PKK memberikan sosialisasi, dr. Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda mengaku akan memberikan pelatihan dan pemahaman kepada kader-kader PKK. Dengan demikian, mereka akan bisa membantu memberikan edukasi, sehingga bisa mengarahkan masyarakat jika bertemu dengan orang bergejala sesuai dengan ilmu yang telah dibekali.

“Jika ada orang ketemu sesuai dengan gejalanya, diminta akan diarahkan ke fasilitas pelayanan kesehatan, untuk itu nanti kita akan bekali data dan informasi,” jelasnya.

Baca Juga: DWP Bali Terima Kunjungan DWP Sumbar, Studi Peran Dharma Wanita di Sektor Pariwisata

Selain menggandeng PKK, Dinas Kesehatan Kota Denpasar mengaku juga akan menggandeng USAID Tuberculosis Private Sector (USAID TBPS) dan juga libatkan sektor swasta, yakni dokter praktek mandiri, klinik, dan rumah sakit swasta. Keterlibatan pihak swasta dalam penemuan TBC karena banyak masyarakat yang berobat ke faskes swasta. dr. Anak Agung ngurah Gede Dharmayuda menambahkan dalam menuntaskan TBC di Kota Denpasar perlu kerja sama dengan semua pihak.

Penulis: Putu Prima Cahyadi
Editor: Lestari Ningsih

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terpopuler

Berita Terkini

Lihat semuanya