Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mulai Tahun 2023, Dinkes Bali Akan Adakan Tes HIV/AIDS Bagi Calon Pengantin

Mulai Tahun 2023, Dinkes Bali Akan Adakan Tes HIV/AIDS Bagi Calon Pengantin Kredit Foto: Ilustrasi Foto/Okezone
WE Bali, Bali -

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali, I Nyoman Gede Anom, mengungkapkan bahwa pihaknya akan menawarkan tes HIV/AIDS kepada calon pengantin di Bali mulai 2023. 

Ia mengatakan bahwa Bali, dengan masyarakat mayoritas beragama Hindu, terdapat upacara pernikahan adat yang digelar terlebih dahulu, sedangkan pengurusan akta nikah sering dilakukan pada waktu yang berbeda, bahkan hingga anak baru lahir.

Baca Juga: Ketua TP PKK Provinsi Bali Meninjau Budidaya Jeruk Keprok Tejakula

“Jadi, kami menawarkan kepada calon pengantin untuk melakukan tes HIV/AIDS. Di Bali ini, mungkin perlu dukungan lebih besar, karena Bali beda dengan Provinsi lain. Misalnya, pada Muslim buku nikahnya akan keluar jika sudah tes tetanus dan HIV/AIDS,” ujarnya, sebagaimana dikutip melalui Antara, Kamis (12/1/2023).

Anom menambahkan bahwa upaya untuk melakukan tes HIV/AIDS kepada calon pengantin telah disosialisasikan sejak dua tahun terakhir. Namun, ia mengakui, hal tersebut mengalami kendala, terlebih untuk mewajibkan program tersebut.

“Seperti wajib bayar pajak, juga sulit. Apalagi, ini wajib tes sebelum nikah. Kita sekarang, kalau dibilang kebutuhan dari program, kan wajib, dalam artian kalau menikah dua orang, tidak ada rahasia, termasuk dalam status kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Denpasar: Embung Sanur Akan Dipersiapkan Jadi Destinasi Wisata Baru

Pada 2023, Dinkes Bali akan menggiatkan sosialisasi, terutama perihal normalisasi tes HIV/AIDS. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan hal tersebut adalah membebaskan biaya pemeriksaan di seluruh puskesmas.

Penulis: Putu Prima Cahyadi
Editor: Lestari Ningsih

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: