Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketua TP PKK Provinsi Bali Meninjau Budidaya Jeruk Keprok Tejakula

Ketua TP PKK Provinsi Bali Meninjau Budidaya Jeruk Keprok Tejakula Kredit Foto: Diskominfos Bali.
WE Bali, Bali -

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali, Putri Suastini Koster bersama Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada, meninjau perkebunan jeruk keprok di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng pada Rabu (11/1/2023).

Peninjauan tersebut dilaksanakan di lahan milik dua petani jeruk keprok, yaitu Nyoman Adiatma dan Ketut Sulaksana. Kedua petani tersebut menerima bantuan masing-masing 20 dan 30 bibit jeruk keprok Tejakula.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Denpasar: Embung Sanur Akan Dipersiapkan Jadi Destinasi Wisata Baru

“Dari segi pertumbuhan, sangat bagus. Tiga tahun sudah mulai berbuah. Kalau dulu, setahu saya, lima tahun (tanaman jeruk keprok Tejakula) baru berbuah,” ujar Adiatma, sebagaimana dikutip melalui rilis media Provinsi Bali, Kamis (12/1/2023).

Adiatma dan Sulaksana menyambut positif upaya pemerintah untuk mengembalikan kejayaan jeruk keprok Tejakula yang sudah dikenal sejak 1980-an, dengan rasa serta ciri khas yang tidak dapat ditemukan di daerah lain.

“Rasa buah (jeruk keprok) yang sekarang sama dengan dulu (pada dekade 1980-an), meski yang ini kulitnya agak tebal,” imbuhnya.

Baca Juga: Kepala Dinas Pariwisata Bali: Provinsi Bali Siap Penuhi Target 4 Juta Kunjungan Wisman

Pada kesempatan tersebut, Putri Koster juga menyerahkan pengendali hama hayati berupa serbuk dan airan kepada petani jeruk keprok Tejakula. Ia berharap, pengendali hama yang dibuat dari bahan organik tersebut mampu membuat tanaman jeruk yang ditanam petani tumbuh semakin baik.

Penulis: Putu Prima Cahyadi
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: