Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Forkom Dewi dan Pemkot Denpasar Akan Bina Tiga Desa Wisata di Denpasar pada 2023

Forkom Dewi dan Pemkot Denpasar Akan Bina Tiga Desa Wisata di Denpasar pada 2023 Kredit Foto: Kabardewata
WE Bali, Bali -

Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Bali, I Made Mendra Astara, mengatakan akan melakukan pembinaan terhadap tiga desa wisata di masing-masing kabupaten/kota. Hal itu seiring dengan antusiasme wisatawan berwisata di desa wisata pada 2023.

Pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan tata kelola desa wisata tersebut sehingga mereka dapat menarik wisatawan secara efektif.

Baca Juga: Wisman Mulai Cari Petualangan di Desa Wisata saat Berwisata ke Bali

“Kita akan membina tiga (desa wisata) yang terbaik per kabupaten/kota, sehingga nantinya di 2024 mereka (memiliki) tata kelola (yang bagus). (Desa wisata) yang sudah terbaik (diharapkan) menjadi lebih bagus lagi,” kata Mendra Astawa pada Jumat (6/1/2023), sebagaimana dikutip melalui Antara.

Mengenai rencana pembinaan desa wisata di Kota Denpasar, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, mengungkapkan bahwa Desa Kesiman Kertalangu, Serangan, dan Penatih menjadi fokus pembinaan pada 2023.

“Pembinaan untuk Kesiman Kertalangu itu lebih kepada tokoh pengelolanya. Kalau Serangan, itu karena potensinya sangat menjanjikan. Sedangkan yang lain, sebetulnya semuanya perlu, karena Denpasar cuma sedikit dapat pelatihan,” ungkapnya.

Baca Juga: Menparekraf: Pencabutan PPKM Akan Berdampak Positif terhadap Pariwisata Bali

Pembinaan terhadap desa wisata di Bali merupakan respon atas gairah wisatawan yang memilih untuk berwisata ke daerah pelosok alih-alih wilayah selatan yang dirasa telah terlalu jenuh untuk menghabiskan waktu. Selain menghidupkan peluang ekonomi baru di Bali, hal ini dapat menciptakan pemerataan ekonomi masyarakat yang tak pernah merasakan dampak perkembangan pariwisata di Bali.

Penulis: Putu Prima Cahyadi
Editor: Lestari Ningsih

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: