Menu
News
Government
Gaya Hidup
Sosok
Wisata
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar Media: Idealisme dalam Pers Wajib Dimiliki Jurnalis

Pakar Media: Idealisme dalam Pers Wajib Dimiliki Jurnalis Kredit Foto: Antara/Maulana Surya
WE Bali, Bali -

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali menggelar diskusi akhir tahun bertajuk “Pers di Era Digital: Siapa Takut?” pada Jumat (30/12/2022). Diskusi tersebut digelar untuk menyongsong tahun 2023. 

Pakar media, I Nengah Muliawan, berpendapat bahwa idealisme merupakan hal penting yang wajib dimiliki setiap jurnalis. Tanpa idealisme, jurnalis dan industri media hanya akan menjadi sekadar titik kecil dalam samudera yang luas dan tidak mendapat perhatian yang diharapkan.

“Ketika kita berbicara mengenai idealisme, kembali kepada tanggung jawab kita sebagai pers. Apakah kita masih sebagai orang yang memberikan edukasi, menghibur pembaca, dan kontrol sosial,” ungkap Muliawan dalam diskusi bersama PWI di Bali, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Media Cetak Dinilai Masih Diperlukan di Tengah Gempuran Digitalisasi

Sebagai seorang jurnalis, Muliawan mengatakan bahwa mereka tidak boleh menuntut keuntungan ekonomi, dan memilih untuk mendapatkan keuntungan pendidikan dan jaringan.

“Jangan berharap menjadi kaya dalam dunia (pers) ini. Jurnalis bertanggung jawab adalah yang memilih membentuk jejaring dan pengetahuan dari turun ke lapangan,” tambah Muliawan.

Diskusi akhir tahun PWI Bali mengambil tajuk “Pers di Era Digital: Siapa Takut?”, dengan pemateri I Wayan Suyadnya (pendiri harian Media Bali), I Nengah Muliawan (akademisi), dan I Nyoman Wirata (Ketua DKP PWI Bali).

Penulis: Putu Prima Cahyadi
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: